Arahkan Perkuliahan Maba, IKPM Kairo adakan Dauroh Khoritoh - IKPM KAIRO

Senin, 14 September 2020

Arahkan Perkuliahan Maba, IKPM Kairo adakan Dauroh Khoritoh



Sabtu (12/9) Departeman keilmuan cabang Kairo adakan Dauroh Khoritoh Al-ulum Al-islamiyyah yang dibuka untuk umum bersama Al-Ustadz Arif Assofi, Lc., Dipl, sarjana lulusan universitas Al-Azhar yang sekarang sedang menempuh S2 nya di darul ifta, dengan merujuk pada kitab Al-fawaid Al-Badi’ah dan Al-Mu'id fi Adabi Al-Mufid wa Al-Mustafid. Di aula sekertariat IKPM, dan disiarkan langsung lewat youtube IKPM Kairo. 


Untuk mempersiapkan perkuliahan mahasiswa baru, dauroh ini dimaksudkan agar para mahasiswa tahu langkah-langkah untuk memetakan ilmu islam, mulai dari hadits, aqidah, tafsir maupun sejarah. Sehingga ketika perkuliahan sudah dimulai, maka para mahasiswa baru tak akan bingung tentang apa yang akan ia pelajari terlebih dahulu.


“Di Mesir itu sangat luas ilmunya, saking luasnya, jadi banyak yang bingung mana yang harus dipelajari terlebih dahulu. Maka, kami adakan dauroh ini agar kita tahu langkah untuk memetakan ilmu mana dulu yang harus dipelajari,” Ungkap Fahmi, penyelenggara dauroh ini.


Dauroh ini dibuka untuk umum, yang banyak dihadiri oleh mahasiswa baru yang akan memasuki perkuliahan tahun ini. 


“Kita jadi tahu ushul dan furu’ nya ilmu, lalu ilmu mana saja yang masuk fardhu ‘ain dan fardhu kifayah. Selain itu, kita jadi tahu juga tentang ilmu-ilmu mana yang kita pelajari setelah ilmu fardhu 'ain,” Terang Lula, salah satu peserta dauroh ini.


Terakhir, acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab. Dan Arif juga meningatkan lagi untuk kita para penuntut ilmu untuk senantiasa tidak bosan belajar sehingga ketika pulang ke tanah air, kita dapat mengabdi untuk ummat.


Rep: Haya F Nabila 

Tidak ada komentar: