Do'a bersama untuk kyai Syukri, bersama prof. Dr. Mustofa Dasuki - IKPM KAIRO

Sabtu, 24 Oktober 2020

Do'a bersama untuk kyai Syukri, bersama prof. Dr. Mustofa Dasuki


Kairo- Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor Dr.KH.Abdullah Syukri Zarkasyi atau yang akrab disapa Ustad Syukri dikabarkan meninggal pada Rabu (21/10) sekitar pukul 15:50. Diawali dengan khataman Al-Qur'an oleh seluruh warga IKPM Kairo, acara ini dilanjutkan dengan Tahlil, dan sholat ghaib bersama yang dipimpin oleh Al-Ustadz Umar Haras.


Masih dalam suasana haru warga IKPM Kairo mengadakan acara Tahlil dan Doa bersama pada hari Kamis (22/10) yang dipimpin oleh Ust.Agus Salim, alumni Gontor yang sekarang sedang mennempuh pendidikan S3. Dalam acara ini, IKPM Kairo turut mengundang Dosen Azhar yang juga teman terdekat Almahrum kyai Syukri selama kuliah di Azhar  yaitu Prof.Dr.Mustofa Dasuki. 


Sahabat almarhum Kyai syukri ini pun bercerita bahwasanya ia tahu apabila kyai Syukri meneruskan memimpin  pondok setelah lulus dari Al-Azhar saat tidak banyak pondok yang didirikan di Indonesia pada saat itu. Ia menyatakan kekagumannya karena pondok yang sedang dipimpin kyai Syukri saat itu, menerapkan dua bahasa yang dipraktekan setiap minggu, yaitu bahasa inggris dan bahasa Arab. Lalu menerapkan sanksi bagi yang berbicara selain kedua bahasa tersebut. 


Tak hanya itu saja yang membuatnya kagum, kedisiplinan yang diterapkan di Gontor juga menjadi salah satu penyebabnya. "Karena Kedisiplinan merupakan dasar yang sangat besar pengaruhnya pada santri’’ ujar salah satu dosen Al-Azhar ini.


Dalam kesempatan ini Drs.M.Aji Surya selaku alumni pondok modern darussalam gontor dan juga wakil KBRI di Kairo juga turut hadir dan memberikan sambutan, ‘’Pondok Pesantren kita ini (Gontor) bisa sebesar ini, karena networkingnya yang unbelievable, dan hal ini tidak lepas dari peran sosok Alm.Kyai Abdullah Syukri Zarkasyi dalam melebarkan sayap didalam maupun luar negri’’ kata wakil kedubes yang akrab dipanggil pakde Aji ini.


Rep: Ienas Mazaya 

Red : Haya F Nabila 



Tidak ada komentar: